Wednesday, April 24, 2013

CARA MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT OSTEOARTRITIS

Osteoartritis
Penyakit adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Untuk menyembuhkan penyakit, orang-orang biasa berkonsultasi dengan seorang dokter.

Cara mencegah penyakit osteoartritis. Pencegahan osteoartritis dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi.Beberapa suplemen makanan juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit ini. Beberapa suplemen yang umum digunakan antara lain adalah glukosamin dan kondroitin.

Glukosamin adalah molekul gula amino yang biasa terdapat pada kulit krustasea (udang-udangan), artropoda, dan dinding sel cendawan. Di Indonesia, glukosamin dapat diperoleh dari langsung dari suplemen makanan komersial atau minuman susu tersuplementasi.

Kondrotin sendiri adalah suplemen makanan yang biasa digunakan bersama glukosamin. Ia merupakan senyawa rantai gula bercabang yang menyususun tulang rawan. Di Indonesia, kondroitin dapat diperoleh dari langsung dari suplemen makanan.

Cara Mengobati Penyakit Osteoartritis. Rasa nyeri yang diderita oleh penderita penyakit ini dapat dikurangi dengan berbagai macam cara seperti pengompresan atau penyuntikan cairan sinovial ke bagian sendi.Pengobatan untuk pengapuran sendi berbeda beda tergantung stadiumnya.

Osteoartritis Derajat Ringan (Stadium 1 Dan 2), dapat diterapi dengan non obat dan terapi obat .

Terapi non obat terdiri atas :
1. menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan
2. latihan menguatkan otot paha dan pinggul untuk menjaga kebugaran tubuh
3. memakai knee brance selama diperlukan

Terapi obat terdiri atas:
1. obat antiradang dan nyeri
2. suplemen untuk menumbuhkan tulang rawan
3. obat pelumas sendi yang disuntikkan ke sendi

Osteoartritis derajat berat (stadium 3 dan 4), pilihan pengobatan terbaik sampai saat ini adalah operasi penggantian sendi. Operasi penggantian sendi adalah operasi yang dilakukan untuk mengganti sendi yang dilakukan untuk mengganti sendi yang telah rusak dengan prostesis.

No comments:

Post a Comment